Tidak Hanya Osteoporosis, Beberapa Jenis-Jenis Penyakit Tulang Ini Juga Berbahaya Bagi Manusia.

December 26, 2019

Tulang merupakan organ dengan struktur keras yang tersusun pada tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Tubuh manusia tersusun dari 206 tulang Bandar Poker Online, semua tulang inipun punya peran penting untuk kehidupan manusia serta menjanga organ didalamnya. Akan tetapi, tulang tidak akan selamanya sehat dan kuat sehingga tak menutup kemungkinan tulang terimbas oleh berbagai penyakit ataupun kelainan yang dapat menganggu fungsinya. Akibat tulang yang dipengaruhi oleh berbagai penyakit, kualitas hidup pun dapat menurun serta beberapa aktivitas juga tak dapat dilaksanakan lagi.

Penyakit dan kelainan tulang biasanya dikarenakan oleh komposit tulang yang rendah dan terjadinya kerusakan struktur pada tulang. Komposit tulang disebut rendah pada saat kehilangan mineral seperti kalsium sebagai pendukungnya, sehingga tulang menjadi rapuh dan sulit menyangga beban tubuh. Beberapa penyakit yang dapat menganggu manusia tidak hanya osteporosis melainkan ada lagi, adapun apa saja jenis-jenis penyakit atau kelainan tulang itu dapat langsung anda lihat dibawah ini.

Kista tulang

Kista atau benjolan berisi cairan yang dapat berkembang pada tulang. Kista tulang merupakan penyakit yang sering menyerang anak dan remaja. Walaupun sampai sekarang belum diketahui dengan pasti apa penyebab penyakit tulang yang satu ini. Akan tetapi, kista tulang umumnya tidak terlalu mengkhawatirkan, lantaran dapat sembuh dengan sendirinya terutama pada anak dan remaja.

Namun, kista juga perlu pengobatan khusus apabila ukurannya semakin membesar. Kista yang membesar dapat membuat tulang menjadi lemah dan rawan patah. Apalagi kalau kista tersebut memyebabkan rasa sakit dan membengkak. Penyakit ini pada umumnya disembuhkan dengan cara menyedot cairan benjolan menggunakan jarum khusus. Setelah itu, dokter juga akan menyuntikkan obat ke dalam tulang sehingga dapat membantunya pulih.

Kista tulang

Osteomalacia

Penyakit yang satu ini diakibatkan oleh kekurangan vitamin D yang sudah sangat parah sehingga memyebabkan tulang menjadi lunak. Kekurangan vitamin D dapat mengganggu kerja tulang untuk menyerap kalsium dan fosfor, yang membuat tulang tak dapat berkembang dengan benar dan menjadi lemah. Biasanya orang-orang yang terkena penyakit osteomalacia mengalami gejala-gejala sebagai berikut.

– Lemah Otot
– Nyeri tulang
– Selalu pegal di daerah punggung bawah, panggul, kaki, dan tulang rusuk
– Nyeri pada tulang di malam hari
– Rasa nyeri atau pegal yang tidak kunjung hilang walaupun sudah cukup beristirahat

Biasanya apabila osteomalacia ini menyerang anak-anak atau dewasa muda maka mereka akan tampak bungkuk selama masa pertumbuhannya. Hal tersebut dapat dilihat terutama pada tulang kaki yang menahan beban. Untuk orang dewasa yang lebih berumuh, penyakit yang satu ini dapat menyebabkan patah tulang. Bagi pengidap kelainan tulang ini cara pengobatannya yaitu diberikan asupan vitamin D dan kalsium yang cukup agar menguatkan tulang.

Osteomalacia

Kanker tulang

Walaupun namanya merupakan kanker tulang, namun penyakit ini tidak berawal dari tulang melainkan disebabkan oleh sel-sel kanker yang menyebar sampai ke tulang. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan sel kanker juga dapat tumbuh awal di bagian tulang, beberapa tulang yang terserang oleh kanker biasanya adalah tulang panggul atau tulang panjang di lengan dan kaki.

Ada tiga jenis kanker tulang yakni:

– Chondrosarcoma
– Osteosarcoma
– Sarkoma ewing

Cara mengurangi risiko terkena kanker, anda harus dapat mulai dengan cara hidup sehat seperti olahraga yang teratur atau diet.

Kanker tulang