Strategi Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Sehat Hingga Umur Menua.

December 23, 2019

Seiring berlanjutnya umur, fungsi vital pada tubuh kita pun semakin menurun. Contohnya tulang punggung yang merupakan salah satu organ vital tubuh dapat menurun kinerjanya ketika menginjak 45 tahun ke atas. Ini dikarenakan tulang lama kelamaan akan menjadi kurang protektif dan menyepit seiring bertambahnya usia. Apabila tulang kita kehilangan kekuatannya, maka gejala-gejala penyakit tulang pun datang menghampiri sehingga menurunkan kualitas hidup.

Sebuah studi Bandar Togel Online luar negeri menyatakan bahwasanya penyakit tulang, terutama penyakit tulang belakang dapat mengakibatkan rasa nyeri pada punggung, serta menyebabkan pembengkakan, gelisah, berkurangnya fleksilibitas, sampai berkurangnya mobilitas tulang belakang. Tetapi, tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan tulang. Strategi ini dapat anda terapkan dari sejak usia muda, apa-apa sajakah itu? simak langsung dibawah ini.

Peregangan

Agar menjaga fleksibilitas tulang anda, melakukan peregangan rutin dapat menjadi salah satu strategi yang dapat anda gunakan. Sebab pada saat melaksanakan peregangan, tubuh akan fleksibel sehingga fungsi-fungsi sendi juga akan bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, peregangan juga membantu meredakan kekakuan pada otot serta meningkatkan stabilitas tubuh.

Peregangan

Olahraga setiap hari

Olahraga rutin setiap hari dapat membuat tulang-tulang tubuh serta otot lebih kuat sehingga dapat mendukung aktivitas kita dimasa tua. Sebab pada saat melakukan olahraga, otot serta tulang akan bergerak secara maksimal yang akan menyebabkan perekatan antara tulang ke tulang lainnya menjadi stabil dan kuat.

Olahraga setiap hari

Aktif bergerak

Aktif bergerak dan tidak hanya diam-diam saja dapat menjadi faktor penting untuk kesehatan tulang pada tubuh kita. Bergerak aktif juga membuat jantung dan bagian tubuh lain dapat menjadi lebih sehat daripada harus menyia-nyiakan waktu bersantai-santai. Apabila semakin aktif anda- maka semakin baik pula kontribusi anda demi menjaga kesehatan tulang.

Aktivitas tersebut pun dapat anda pilih sesuai dengan kesukaan anda, contohnya seperti pergi ke gym, jalan kaki, berenang, maupun aktivitas lain yang dapat menjaga tubuh tetap aktif dan sehat.

Aktif bergerak

Angkat beban secukupnya

Untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat, hindari mengangkat beban yang lebih berat 25 persen dariapda berat badan tubuh. Hal tersebut karena akan menyebabkan risiko cedera pada tulang atau menyebabkan herniated disc. Apabila ingin mengangkat beban yang berat, pastikanlah untuk memulai bungkuk pada lutut, tidak pinggang dan angkan beban tersebut secara perlahan.

Angkat beban secukupnya

Istirahat yang cukup

Beristirahat memang baik, akan tetapi berlebihan dapat membuat tulang anda menjadi kurang fleksibilitasnya.

Istirahat yang cukup

Hindari rokok, alkohol dan zat aditif lainnya

Agar dapat menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat sampai umur menua, hindarilah kebiasaan kurang sehat seperti merokok, minum alkohol dan pola hidup tak sehat lainnya. Sebab zat-zat yang terdapat pada barang tersebut dapat memicu perkembangan penyakit tulang serta penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas hidup anda kedepannya.

Hindari rokok, alkohol dan zat aditif lainnya

Rutin cek kesehatan

Melaksanakan cek kesehatan yang rutin dengan profesional medis dapat membantu anda mengerti apa saja yang terjadi pada bagian tubuhmu. Disitu juga akan di ajarkan beberapa cara agar kesehatan tulang dan tubuh dapat dimulai dari cara sederhana, misalnya mengerti posisi tidur yang tepat sehingga dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang punggung.

Rutin cek kesehatan

Gunakan sepatu yang pas

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bahwasanya sepatu merupakan faktor penting untuk kesehatan tulang. Ini dikarenakan sepatu memiliki peran penting untuk mendukung tulang bagian bawah dengan menyediakan dukungan dasar yang kuat.

Gunakan sepatu yang pas