Mengetahui Anatomi Tulang Manusia Serta Sistem dan Kegunaanya.

December 20, 2019
Mengetahui Anatomi Tulang Manusia Serta Sistem dan Kegunaanya

Tulang merupakan organ dengan wujud keras dan kaku yang membentuk kerangka manusia. Tulang dapat berubah akibat stimulus dari lingkungan, sebab tulang merupakan organ yang dinamis. Beberapa tulang dapat merekat dan membentuk tulang yang lebih kuat yang terjadi dimasa pertumbuhan. Selain itu, tulang juga memiliki fungsi untuk memperbesar atau mengecil, menebal atau menipis, atau menguat bila dibutuhkan. Contohnya saat terjadi kecelakaan dan tulang patah maka cedera pada tulang tersebut dapat tumbuh kembali tanpa meninggalkan luka.

Susunan tulang manusia yang tidak dapat dilihat dari luar tubuh lantaran ditutupi oleh otot adalah rangka. Susunan kerangka ini terdiri dari macam-macam tulang yang banyaknya sekitar 206 buah tulang yang satu sama lainnya saling berhubungan. Tulang-tulang tersebut pun terdiri dari tulang kepala(tengkorak), tulang wajah, tulang telinga, tulang lidah, tulang dada, tulang belakang, tulang lengan, dan tulang kaki.

Tulang mempunyai banyak peran dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah:

1. Melindungi organ vital
2. Penopang struktur bentuk tubuh manusia
3. Menyimpan lemak dan mineral yang dapat digunakan apabila tubuh membutuhkannya
4. Menghasilkan empat jenis sel yang berguna bagi tubuh yakni – Osteosit
– Osteoklas
– Osteoblas
– Sel-sel lapisan
5. Memfasilitasi respirasi
6. Memungkinkan fungsi motorik dan lokomotif agar otot dan sendi dapat berkoordinasi sehingga tulang dapat terhubung.
7. Menghasilkan sel darah putih dan merah

Tulang juga terbagi dari dua golongan yang berdasarkan daya tahannya yaitu sebagai berikut.

+ Tulang sejati

Tulang sejati atau sering disebut tulang keras lantaran tulang ini bersifat keras akibat pengaruh sel-sel penyusunnya. Sel-sel tulang itu disebut osteosit, sifatnya yang keras inilah mengapa tulang ini berfungsi penting dalam menyusun sistem rangka. Tulang keras juga kaya akan zat kapur dan sedikit mengandung serat kolagen. Selain itu, tulang ini juga memiliki peran dalam menyalurkan atau mengangkut sari makanan dan O2 pada sel tulang. Saluran itu disebut dengan saluran harvers yang berada di pembuluh darah manusia.

Tulang sejati

+ Tulang rawan (Kartilago)

Tulang rawan terbentuk dari serat berkolagen yang ternanam dalam suatu matriks. Pembentuk itu disebut kondroblast yang membentuk sel tulang rawan atau kondrosit. Tulang rawan lebih elastis dibandingkan dengan tulang sejati(keras). Tulang ini terletak pada ujung pipi, daun telinga, cuping hidung, ruas-ruas tulang belakang, dan sambungan tulang dada serta tulang rusuk.

Tulang rawan (Kartilago)

Dalam tubuh manusia terdapat tiga golongan tulang yang memiliki dasar bentuk tulang yang berbeda yaitu:

+ Tulang pipa

Tulang ini seperti namanya yaitu berbentuk pipa atau silindris. Tulang ini terletak pada tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang telapak tangan, tulang ruas jari tangan, tulang paha, tulang selangka, tulang kering, tulang telapak kaki dan tulang ruas jari kaki.

Tulang pipa

+ Tulang Pipih

Tulang pipih berbentuk pipih yang lebar dan memiliki fungsi melindungi struktur tubuh dibawahnya. Tulang pipih terletak pada tulang-tulang penyusun tengkorak dan wajah, tulang dada, tulang belikat serta tulang belikat.

Tulang Pipih

+ Tulang Pendek

Tulang pendek Agen Poker Online memiliki beberapa bentuk yakni kubus, pake, atau bulat. Tulang pendek terdapat di tulang pergelangan tangan dan kaki serta tulang belakang.

Pada anatomi tulang manusia, sendi juga ikut bagian dalam membantu tulang agar dapat terhubung sehingga menyebabkan tulang dapat digerakkan. Tanpa adanya sendi, sangat mustahil tulang sebagai struktur organ yang dapat dibelokkan tanpa risiko patah.

Tulang Pendek