Mengenal Fungsi Otak Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat Indonesia.

December 17, 2019
Mengenal Fungsi Otak Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui oleh Masyarakat Indonesia

Otak merupakan salah satu organ vital yang terbesar dan paling kompleks dalam tubuh manusia. Otak terdiri dari sejumlah jaringan pendukung dan merupakan pusat dari sistem saraf dengan 100 milliar lebih sel saraf yang berkomunikasi dalam sistem triliunan koneksi yang disebut sinaps. Otak memiliki volume berkisar 1.350 cc serta memiliki banyak sel saraf atau neuron didalamnya agar dapat menunjang fungsi-fungsinya.

Otak memiliki banyak sekali fungsi dalam tubuh kita baik itu secara sadar maupun alam bawah sadar kita. Namun kerap fungsi otak hanya disebutkan sebagai sarana untuk berpikir saja, padahal otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia. Beberapa bagian pada otak juga memiliki fungsi masing-masing bagi tubuh manusia, adapun fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah

Fungsi Otak Kanan

Otak kanan berfungsi dalam membangun kreativitas dan kemampuan seni pada manusia. Seorang seniman biasanya lebih sering menggunakan otak kanannya dibandingkan otak kiri. Otak kanan juga memiliki fungsi untuk mengontrol sisi bagian kiri tubuh.

Fungsi Otak Kanan

Fungsi Otak Kiri

Berbeda dari otak kanan yang lebih dominan membangun kreativitas serta imajinasi. Otak kiri lebih didominasi oleh pikiran logika dan pemikiran yang pasti. Contohnya seorang ahli matematika, fisika maupun kimia, fungsi otak kirinya paling aktif dalam membantu mereka berpikir. Selain itu fungsi otak kiri juga sama dengan otak kanan namun memiliki kebalikan. Bila otak kanan berfungsi untuk mengontrol sisi bagian kiri tubuh, maka otak kiri berfungsi untuk mengontrol tubuh bagian kanan.

Fungsi Otak Kiri

Fungsi bagian-bagian otak

Secara keseluruhan otak pada manusia terdiri dari empat bagian yakni Otak besar, Otak kecil, Batang otak, dan sistem limbik yang mempunyai peran masing-masing dalam tubuh manusia.

Fungsi bagian-bagian otak

Otak besar (Cerebrum)

Otak besar mempunyai tugas untuk membuat manusia berpikir secara logika atau punya kemampuan berpikir, mengetahui bahasa, kesadaran, mengingat, merencanakan sesuatu, serta melengkapi kemampuan visual pada tubuh manusia. Otak besarlah alasan mengapa kita manusia berbeda dengan binatang. Bagian otak besar juga terdapat bagian-bagian penyusunnya, bagian penyusun itu disebut dengan Lobus, setiap bagian lobus dalam otak besar juga memiliki kegunaanya masing-masing.

Otak besar (Cerebrum)

Otak kecil (Cerebellum)

Otak kecil atau Cerebellum berada di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mempunyai peran dalam mengontrol banyak fungsi otomatis otak yang diantaranya adalah mengatur sikap atau posisi tubuh, koodinasi otot, mengontrol keseimbangan, serta koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak kecil juga berfungsi untuk melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dilakukan oleh manusia.

Otak kecil (Cerebellum)

Batang Otak

Batang Otak (brainstrea) terletak pada tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung belakang. Bagian otak ini berfungsi untuk dasar manusia yakni bernapas, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan karena ada batang otak juga mengapa pada saat ada bahaya mendekat, tubuh akan reflek melawan atau melarikan diri.

Batang Otak

Sistem Limbik

Bagian terpenting dari sistem limbik merupakan Hipotalamus yang dimana kegunaanya adalah memutuskan apa yang dapat diperhatikan dan apa yang tidak perlu. Hal ini juga salah mengapa anda dapat mencintai sesuatu maupun membencinya. Sistem Agen Togel Online ini juga menyimpan banyak informasi yang tidak tersentuh oleh indera. Sehingga dapat dikatakan bahwa sistem limbik merupakan otak emosi atau tempat tinggal perasaan manusia.

Sistem Limbik