Kenali Gangguan Otak dan Sistem Saraf Serta Macam Pengobatannya.

December 9, 2019
Kenali Gangguan Otak dan Sistem Saraf Serta Macam Pengobatannya

Sistem saraf merupakan sistem penghubung yang sangat kompleks yang berfungsi mengirim dan menerima informasi dalam jumlah besar secara bersamaan. Sistem saraf mempunyai dua bagian yang berbeda yakni sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer(saraf tepi). Untuk saraf pusat manusia terdiri dari otak dan saraf tulang belakang, sedangkan saraf perifer terdiri dari serabut saraf.

Sarabut saraf bertanggung jawab untuk mengubungkan organ tubuh manusia dengan sistem saraf pusat. Namun, apa yang terjadi apabila saraf terserang oleh penyakit? penyakit saraf sendiri difenisikan sebagai kondisi dimana terjadi kerusakan pada sistem saraf. Apabila sistem saraf manusia mengalami gangguan, sistem-sitem dan bagian tubuh lainnya akan terkena dampak buruk.

Sistem saraf pada tubuh manusia dibagi oleh tiga bagian, yakni:

Saraf Otonom

Saraf otonom berfungsi untuk mengontrol gerakan organ-organ tubuh yang tidak disadari atau setengah disadari manusia. Saraf ini mengontrol tekanan darah, detak jantung, serta pengaturan suhu tubuh dan pencernaan.

Saraf Otonom

Saraf Motorik

Saraf motorik memiliki tanggung jawab dalam mengontrol pergerakan manusia. Saraf ini mengirimkan informasi dari otak dan tulang belakang menuju ke otot.

Kenali Gangguan Otak dan Sistem Saraf Serta Macam Pengobatannya

Saraf Motorik

Saraf Sensorik

Saraf berikut ini berfungsi untuk merasakan sakit dan sensasi-sensasi lainnya pada tubuh kita. Saraf sensorik memiliki peran dalam mengirimkan informasi dari kulit dan otot kembali ke tulang belakang dan otak.

SARAF SENSORIK

Biasanya, seseorang yang terjangkit penyakit saraf menunjukkan gejala-gejala yang berbeda, sesuai dengan saraf mana yang mengalami gangguan. Biasanya gejala-gejala yang timbul adalah:

Berkeringat berlebihan

Penyakit saraf otonom akan membuat penderitanya akan mengeluarkan keringat berlebih pada saat sedang dingin atau sebaliknya, mengeluarkan keringat yang sedikit padahal sedang cuaca panas.

Kehilangan keseimbangan tanpa sebab

Biasanya, bagi penderita gangguan saraf otonom, akan sering kehilangan keseimbangan sehingga terjatuh tanpa sebab yang jelas. Dalam kasus ini, lantaran terganggunya saraf tepi yang menyebabkan gangguan pada persepsi sih penderi gangguan saraf. Tak hanya itu saja, kehilangan keseimbangan tiba-tiba dapat menjadi tanda gejala awal dari parkinson, yang merupakan penyakit merusak sel-sel saraf di bagian otak.

Payah bergerak

Kesulitan atau payah bergerak terjadi apabila terjadi kerusakan pada saraf motorik. Gejala ini dapat semakin memburuk sampai menyebabkan kelumpuhan pada orang-orang penderita gangguang saraf ini. Bahkan lebih parah lagi, penderita yang telah mengalami kelumpuhan itu dapat menjadi tanda awal penyekit serius yang harus ditangani dengan cepat, seperti adanya gejala stroke.

Mati Rasa

Saraf sensorik yang terganggu akan menunjukkan sensasi kebas, seperti mati rasa, kesemutan hingga rasa terbakar yang biasanya terjadi pada tangan dan kaki. Gejala yang satu ini tidaklah menjadi masalah besar sebab hanya berlangsung sementara. Tetapi, apabila anda terus-menerus mengalami gejala ini dan dalam waktu yang lama, maka sebaiknya segera check ke rumah sakit. Ini dikarenakan, bisa jadi ada gangguan parah pada saraf sensorik Situs Poker Online anda.

Rasa nyeri pada kaki

Rasa nyeri yang hebat terus-menerus hingga rasa panas atau kesemutan yang dapat terjadi mulai dari punggung bagian bawah sampai menyebar ke bagian kaki biasanya diakibatkan karena gangguan pada saraf sensorik. Penyebab gangguan pada saraf sensorik ini biasanya dikarenakan jatuh atau lelah pada sumsum tulang belakang.

Untuk pilihan pengobatan penyakit saraf dapat anda lakukan di rumah sakit yakni:

1. Neurologi
  2. Operasi Neurologis