Jaringan Sistem Otot Manusia Serta Macam dan Fungsinya Masing-Masing.

December 6, 2019
Jaringan Sistem Otot Manusia Serta Macam dan Fungsinya Masing-Masing

Agar tubuh kita dapat digunakan dan menjalankan tugasnya, sistem otot merupakan yang ikut andil didalamnya. Tak hanya untuk membantu kita berjalan, mengangkat beban, mengunyah makanan, hingga berkedip sekalipun otot juga membantu pencernaan sehingga dapat membantu kinerja jantung tuk mengalirkan darah. Sistem Otot manusia terbentuk lebh dari 600 otot, otot terbentuk dari sel-sel khusus yang disebut serabut otot. Otot merekat pada tulang atau organ dalam serta pembuluh darah, setiap jenis otot juga mempunyai kegunaannya masing-masing terutama untuk menciptakan gerakan.

Cara kerja Otot dimulai dari gerakan memperpendek panjangnya, menarik tendon, dan menggerakkan tulang lebih dekat satu sama lain. Tendon merupakan pita elastis kuat pada jaringan ikat yang fungsinya mengikat otot ke tulang. Kombinasi kontraksi dari sendi, tulang dan otot rangka menciptakan gerakan yang jelas seperti berlari atau berjalan. Semua gerakan tubuh dihasilkan oleh kontraksi otot, kecuali gerakan sel darah, saluran napas dan sel sperma. Otot juga berfungsi sebagai pengatur postur tubuh, stabilitas sendi, dan produksi panas tubuh Situs Togel Online.

Jaringan sistem otot pada manusia dibagi menjadi tiga kelompok yakni:

Otot Polos

Otot polos berada pada dinding organ internal seperti pembuluh darah, saluran pencernaan, kandung kemih serta rahim. Otot polos bekerja dibawah kendali alam bawah sadar otak, sehingga sistem kerjanya tidak dapat anda kontrol langsung dengan pikiran sadar. Lantaran ini juga anda bahkan tidak akan mengetahui cara kerja otot polos dalam tubuh. Sel otot polos memiliki bentuk gelendong dan mempunyai satu inti sel di tengah, otot ini pun akan berkontraksi secara perlahan dan berirama.

Otot Polos

Otot Jantung

Sesuai dengan namanya, otot ini hanya ada di jantung. Otot jantung ini berfungsi agar memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Otot ini juga dikendalikan oleh alam bawah sadar kita, sehingga tidak dapat dikendalikan. Otot jantung juga menyesuaikan laju kontraksi sehingga hormon dan sinyal dari otak dapat merangsang sel sel otot agar jantung dapat berkontraksi. Otot ini berbentuk silindris memanjang dengan satu inti sel ditengah.

Otot Jantung

Otot Rangka

Otot rangka merupakan satu-satunya jaringan sistem otot sukarela dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan bahawasanya otot ini dapat dikendalikan secara sadar. Setiap gerakan yang diciptakan oleh manusia seperti berbicara, berjalan, mengangkat benda, ataupun gerakan-gerakan fisik lainnya.
Otot rangka juga berfungsi untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh lebih dekat dengan tulang yang melekat pada otot sehingga berkontraksi. Sel otot rangka dan jantung juga memiliki persamaan yakni memiliki lurik, namun sel otot rangka bentuk silindris bercabang tidak memanjang.

Otot Rangka

Fungsi Sistem Otot Manusia

Setiap jenis otot manusia mempunyai perannya masing-masing, adapun peran atau fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

Fungsi Sistem Otot Manusia

Membantu Peredaran Darah

Otot jantung serta otot polos secara tidak kita sadari memabtu detak jantung dan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga anda akan menghasilkan impuls listrik(energi). kedua sistem otot ini dikendalikan oleh sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk sebagian besar fungsi tubuh.

Membantu Peredaran Darah

Proses Pencernaan

Pencernaan dikendalikan oleh otot-otot polos yang terdapat di daerah saluran pencernaan. Otot polos ini akan bekerja dengan melemas dan menegang saat makanan melewati tubuh anda selama mencerna makanan. Otot-otot ini pun membantu mendorong sisah-sisah ampas makanan dari tubuh anda melalui buang air besar ataupun mutah pada saat anda sakit.

Proses Pencernaan